Aqua Lestari Sebagai Penerapan Etika Bisnis

 

Membicarakan mengenai etika bisnis pada perusahaan tentu sangat menarik, apalagi di era persaingan global seperti sekarang ini. Perusahaan berlomba lomba menjadi yang terbaik demi memenangkan persaingan tersebut. Tidak hanya unggul dalam persaingan, namun perusahaan yang baik seharusnya memberikan kontribusi  bagi masyarakat maupun lingkungan. Inilah yang menjadikannya berbeda dengan perusahaan yang lain.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penerapan etika bisnis dalam perusahaan, saya akan memberikan sedikit definisi mengenai etika bisnis. Apakah etika itu?. Etika berasal dari kata Yunani ethos, yang dalam bentuk jamaknya (ta etha) berarti adat istiadat atau kebiasaan. Dalam pengertian ini etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat atau kelompok masyarakat. Ini berarti etika berkaitan dengan nilai-nilai, tata cara hidup yang baik, aturan hidup yang baik, dan segala kebiasaan yang dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang lain atau dari satu generasi ke generasi yang lain. Kebiasaan ini lalu terungkap dalam perilaku berpola yang terus berulang sebagai sebuah kebiasaan. Definisi etika bisnis menurut Dr. H. Budi Untung adalah pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan secara ekonomi atau sosial. Penerapan norma dan moralitas ini menunjang maksud dan tujuan kegiatan dalam bisnis. Dalam penerapan etika bisnis, maka bisnis mesti mempertimbangkan unsur norma dan moralitas yang berlaku di dalam masyarakat. Di samping itu etika bisnis dapat digerakkan dan dimunculkan dalam perusahaan sendiri karena memiliki relevansi yang kuat dengan profesionalisme bisnis.

Salah satu perusahaan yang saya ambil sebagai contoh untuk penerapan etika bisnis dalam perusahaan adalah PT. Golden Mississippi. Pasti banyak yang tidak familiar dengan nama perusahaan tersebut, tapi saya rasa semua orang tahu kalau menyebut produknya. Aqua. Ya, merk air minum dalam kemasan ini memang menguasai pasar air minum dalam kemasan di Indonesia. Sekalipun banyak merk yang beredar dipasaran, tetap saja masyarakat akan mengatakan “Aqua” sebagai sebutan untuk air minum dalam kemasan. Perusahaan ini memiliki program “Aqua Lestari” sebagai kontribusi sosial yang diberikan kepada masyarakat maupun lingkungan. Dalam program “Aqua Lestari” terdapat 4 pilar utama, yaitu: Pelestarian Air dan Lingkungan, Praktik Perusahaan Ramah Lingkungan, Pengelolaan Distribusi Produk, serta Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai pilar pelestarian air dan lingkungan diantaranya adalah penelitian-penelitian terkait sumber daya air, pendidikan lingkungan hidup, rehabilitasi saluran irigasi, penanaman pohon, pembuatan sumur resapan, biopori, dan lain-lain. selanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan sebagai praktik perusahaan ramah lingkungan adalah dengan mengurangi jejak karbon yang diantaranya dilaksanakan dengan melakukan penghematan energi, air, bahan baku plastik dan kemasan, manajemen lingkungan dengan melakukan audit lingkungan GREEN. Kemudian, program yang dilaksanakan sebagai kegiatan pilar pengelolaan distribusi produk antara lain: menjajaki penggunaan mode transportasi alternatif (kereta api), safety riding, perbaikan/perawatan jalan, pemberdayaan pemulung dalam konteks pengelolaaan sampah kemasan, dan lain-lain.  Dan yang terakhir pilar pelibatan dan pemberdayaan masyarakat yaitu dengan melaksanakan kegiatan pertanian organik terpadu, usaha mikro dan koperasi, akses modal dan pasar, akses air bersih dan penyehatan lingkungan (Water Access, Sanitation and Hygiene/WASH), tanggap bencana, dan lain-lain.

Menurut saya, sangat penting bagi perusahaan untuk menerapkan etika bisnis. Tidak hanya soal profit perusahaan, tetapi mereka juga peduli akan lingkungan sekitar dan turut membantu memajukan bangsa.

Web

Sumber:

Keraf, Sonny.  Etika Bisnis: Tuntutan dan Relevansinya. Yogyakarta.  Kansius. 1998.

Untung, Budi. Hukum dan Etika Bisnis. Yogyakarta. Andi Offset. 2012.

http://www.aqua.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s