Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan Mengenai Konsumen

  1. Sumber Daya Ekonomi

Sumber Daya Ekonomi adalah segala sumber daya yang dimiliki berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik itu yang berasal dari sumber daya alam(SDA) maupun dari sumber daya manusia (SDM) yang dapat memberikan manfaat ataukeuntungan (benefit), serta dapat diolah sebagai modal dasar dalam pembangunan ekonomi.

Sumber daya ekonomi merupakan salah satu bentuk dari sumber daya konsumen. Sumber daya Ekonomi terdiri dari:

  • Sumber Daya Alam (SDA)Semua sumber / kekayaan yang berasal dari alam (Tanah, air, angin, cahaya matahari,mineral, dsb). Contoh: Sumber daya tanah dapat dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan, lalu hasil perkebunan tersebut dijual sehingga menghasilkan keuntunga
  • Sumber Daya Manusia (SDM)Semua kegiatan manusia baik jasmani (fisik) maupun rohani yang bertujuan untukkegiatan produksi.Contoh: Petani, nelayan, buruh, karyawan, pegawai, dll.
  • Sumber Daya KewirausahaanSuatu sikap, perilaku, semangat seseorang dalam menangani sebuah usaha atau kegiatanekonomi, sehingga dapat menghasilkan keuntungan.Contoh: Pengusaha kain, pengusaha tahu & tempe, pengusaha peternakan, dll.
  • Sumber Daya ModalSumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang yang dapatdigunakan dalam membantu proses kegiatan produksi.Contoh: Uang, bahan baku, bahan bakar, mesin, bangunan / gedung untuk tempat produksi, dll.

Sumber daya ekonomi mempengaruhi sumber daya konsumen, atau biasa dikenaldengan potensi ekonomi. Keadaan ekonomi konsumen sangat mempengaruhi konsumentersebut dalam mengambil sebuah keputusan. Keputusan konsumen sehubungan dengan produk sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi yang dimiliki pada saat inimaupun pada masa yang akan datang. Berikut ini adalah pembagian sumber daya ekonomi(pendapatan) konsumen, yaitu:

  • Sumber daya ekonomi individu
  • Sumber daya ekonomi keluarga

3)Sumber daya ekonomi rumah tangga

Selain pendapatan, sumber daya ekonomi lainnya yaitu kekayaan (asset / nilai bersih)dan kredit. Kekayaan seseorang berkorelasi dengan pendapatan orang tersebut.

  1. Sumberdaya Sementara
  • Barang yang menggunakan waktu produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh:menonton TV, memancing, golf, tennis (waktu Senggang) tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
  • Barang Penghemat Waktu.Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktuleluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
  1. Sumberdaya Kognitif

Pengertian sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepatmerepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan saat seseorang memperoleh cara baru dalam mempresentasikan informasi secara mental.

  1. Pengetahuan mengenai konsumen dalam pengaruh keputusan pembelian

Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli  akan tergantung kepada pengetahuan konsumen mengenai hal-hal tersebut.

Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.

  1. Pengetahuan tentang karakteristik/atribut produk
  2. Pengetahuan tentang manfaat produk
  3. Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen.
  4. Manfaat Fungsional, yaitu manfaat yg dirasakan konsumen secara fisiologis
  5. Manfaat Psikososial, yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk

 

sumber : http://www.scribd.com/doc/242723125/Bab-5-Sumberdaya-Konsumen-Dan-Pengetahuan

http://srisetiawaty007.files.wordpress.com/2014/01/3-sumber-daya-konsumen-pengetahuan.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s